Rabu, 13 Mei 2015

sejarah desa sidomukti cakaran

                                                                                                                                                  
SEJARAH DESA CAKARAN





             pada zaman dahulu warga atau masyarakat cakaran agamanya masih budha, dan warga cakaran dulu orangnya kejam-kejam dan jahat ,sehingga warga cakaran  banyak yang membuli orang lain yang bukan termasuk warga desa cakaran . Dizaman itu ada seorang wali yang menyerupai kakek kakek yang datang kedesa cakaran untuk meminta sedikit air untuk melepas dahaga kakek itu ,tetapi kakek itu ditolak mentah_mentah oleh warga cakaran, yang bilang kalau disini tidak ada air, padahal disana banyak air, betapa pelitnya orang cakaran itu sehingga tidak memberikan sedikit air untuk kakek itu, kemudian tidak disangka-sangka berapa saat air atau telaga yang ada didesa cakaran kemudian surut dengan sendirinya ,disitulah semua warga cakaran terkejut melihat dengan keajaiban itu, warga cakaran terlihat kebinggungan dan sangat terpukul ,dan bertanya-tanya bagaimana semua ini bisa trjadi, dan siapa yang menyebabkan semua ini ,sambil marah-marah dan tidak bisa menerima semua itu, kesurutan air pada warga cakaran itu di akibatkan karna kedengkian nya dan sombong nya serta pelit yang tidak mau memberikan sedikit air kepada kakek tadi, sehingga kakek tadi yang sebenarnya wali yang berubah bentuk menjadi kakek tua yang mengutuk warga cakaran agar semua air  yang ada disana menjadi surut dan habis ,sehingga warga cakaran meminta air atau mengungsi air dari tegalan ke cakaran ,meskipun warga cakaran pernah menghina dan mencaci maki warga tegalan serta suka membikin rusuh, tetapi warga tegalantidak dendam dan tidak pelit untuk memberikan air kepada warga cakaran, serta itu kemudian agama islam muncul ke desa cakaran sehingga warga cakaran menganut agama islam dan tidak menganut agama bundha lagi , dan sekarang kutukan yang dulu ada pada desa cakaran sudah berakhir dan sumber mata airnya sudah kembali dan subur lagi , serta warga warga sudah tidak meminta air kembali ke warga desa lain.                                                                                                                                                 
   




    

 TEMPAT SEJARAH BATU GAJAH





             desa sidomukti cakaran ada sebuah sejarah yaitu batu gajah , asal mula disebut atau di namai batu  gajah karena di desa tersebut ada sebuah batu yang berukuran sangat besar dan batu itu memiliki kemiripan seperti gajah , dari itu masyarakat sidomukti menyebutnya batu gajah, batu itu biasa di gunakan oleh masyarakat sidomukti untuk di sembah , karena itu banyak warga yang menyembah dan membawa sesajen dan seserahan yang di letakkan di depan batu gajah , batu itu biasa digunakan sebagai pesugian oleh masyarakat di cakaran dan banyak masyarakat atau warga cakaran yang mempercayai bahwa batu itu bisa mengubah nasib warga cakaran menjadi terkaya di desa sidomukti, karena pada waktu itu masyarakat cakaran masih menganut agama budha , dan islam belum masuk ke desa tersebut , biasanya pada hari hari yang baik masyarakat berbondong bondong  pergi ke batu tersebut untuk membawa sesajen dan seserahan untuk batu tersebut , semenjak  itu agama islam mulai muncul ke desa itu, tetapi masyarakat menolak ajaran agama islam tersebut dan mengusir agama islam dari desa cakaran , tetapi seorang wali yang mengajarkan agama islam tidak berhenti henti dan tidak pernah bosan bosan untuk membuat warga cakaran agar menganut agama islam dan menjauhi agama budha, meski wali tersebut di caci maki di hina dan tidak dihargai oleh warga tersebut , dengan ketulusan seorang wali itu , lama kelamaan dengan sedikit demi sedikikit warga mulai menganut agama islam meski belum semuanya, agama islam mulai dikenang di hati masyarakat tersebut dengan nilai ajaranya yang ingin masyarakat mengenal allah dan memohon meminta hanya kepada allah , bukan terhadap patung berhala lainya,tetapi  masyarakat sidomukti malah merusak batu gajah itu dan dimanfaatkan  untuk pembuatan atau pembangunan sekolah dan lain-lain, supaya tidak ada orang luar yang menyembah batu ini , dan batu itu sekarang sudah terpecah belah , dan berserakan seperti di atas.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             


 TEMPAT WISATA   PANTAI KOTANG

                                           

      


          awal mula ceritanya, pada zaman dahulu pantai ini biasanya di gunakan oleh masyarakat atau warga cakaran dan remaja untuk berkencan dengan pasanganya, pantai ini sebelumnya belum dinamai pantai kotang , dulu pantai ini belum ada namanya , kenapa di namai pantai kotang, karena ada seorang remaja dengan pasanganya berkencan dan bersenang senang di tempat ini berduaan , awal mulanya si pria ini tidak sengaja menarik baju si wanita itu sehingga baju wanita tersebut sobek dan jatuh sehingga dinamai oleh warga atau masyarakat cakaran pantai kotang, pantai ini dahulu memang tempat satu satunya yang digunakan para remaja berpasangan untuk tempat berkencan , dan sampai saat ini tempat itu masih di gemari oleh para remaja dan dulu pantai tersebut belum begitu di ketahui oleh masyarakat luar cakaran dan belum menjadi tempat terfavorit masyarakat dan remaja luar cakaran dan dulu pantai itu masih kotor dan banyak sampah sampah yang berserakan di pinggir pantai tersebut yang belum di lestarikan dan di jaga kebersihannya  , tetapi zaman mulai berubah sehingga masyarakat cakaran sekarang mulai melestarikan dan merawat pantai itu agar masyarakat dan warga setempat nyaman dan betah saat berada di pantai itu , dan sampai saat ini masih di gemari oleh semua masyarakat dan warga , dulu pantai ini belum ada sebuah jembatan , tetapi dari berubahnya zaman , sekarang pantai ini sudah di renovasi dan di berikan oleh kepala desa setempat dengan di berikan jembatan yang sekarang suka digunakan masyarakat dan para remaja untuk berfoto foto , dan jembatan yang di buat  itu di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat cakaran , serta di rawat .                                                                                                            





MAKANAN KHAS                                                 

  cetot, cetot adalah salah satu makanan khas dari desa cakaran, cetot terbuat dari bahan_bahan yang terdiri dari: tepung terigu, gula(bisa gula pasir atau gula jawa),kelapa tua yang sudah di parut                                                             cara memasaknya :                                                                               campur tepung terigu dengan air, aduk hingga merata, jangan terlalu encer. lalu beri warna dengan sesuka hati, rebus air hingga mendidih di lanjutkan memasukkan adonan yang dicampur tadi, cara memasukkannya sama seperti hal nya membuat bakso, di bentuk bulat-bulat kecil dan di masukkan ke dalam air yang mendidih, lalu masukkan gula pasir, setelah semua adonan sudah jadi campur jadi satu , biasanya cetot disajikan di plastik seperti gambar dibawah ini:



                                                                                                                              salipok, salipok juga termasuk makanan khas dari desa cakaran, salipok terbuat dari singkong yang di parut halus, lalu bungkus adonan singkong di daun pisang, jangan lupa berikan gula jawa di tengah-tengah , kukus hinga matang, setelah selesai , buka daun pisangnya ,lalu beri kelapa tua yang sudah di parut seperti gambar di bawah ini:  




        getuk, getuk terbuat dari ubi atau tela yang di kupas lalu di kukus hingga matang , lalu haluskan tela beri sedikit gula taruh didalam talam, rapikan dan iris kecil-kecil adonan, beri kelapa tua yang sudah di parut, selesai separti gambar di bawah ini:  

                                                                                                                                       dan masih banyak lagi jenis-jenis makanan yang berasal dari desa cakaran.    




                                                                                                                                              KERAJINAN                                                                          




         Kerajinan anyaman bambu di cakaran  ialah seni merajut nan biasanya menggunakan bahan dari bambu, rotan, daun-daunan nan memiliki serat nan bisa ditipiskan seperti enceng gondok, daun lontar, daun pandan, dan lain-lain, serta plastik. Kerajinan anayman bambu banyak digunakan sebagai alat keperluan rumah tangga sehari-hari.
Biasanya seni kerajinan anyaman bambu ini diolah dengan alat nan masih sederhana seperti pisau pemotong, pisau penipis, tang dan catut bersungut bundar, nan membutuhkan kretivitas tinggi, ide, perasaan pemikiran dan kerajinan tangan.
Anyaman merupakan seni tradisi nan sudah ribuan tahun ada di bumi ini. Perkembangan sejarahnya di Nusantara sama dengan perkembangan seni tembikar. Jenisnya pada masa Neolitik atau masa bercocok tanam kebanyakan menghasilkan tali berbahan berupa akar dan rotan.Kerajinan anyaman bambu ialah seni merajut nan biasanya menggunakan bahan dari bambu, rotan, daun-daunan nan memiliki serat nan bisa ditipiskan seperti enceng gondok, daun lontar, daun pandan, dan lain-lain, serta plastik. Kerajinan anayman bambu banyak digunakan sebagai alat keperluan rumah tangga sehari-hari.
Biasanya seni kerajinan anyaman bambu ini diolah dengan alat nan masih sederhana seperti pisau pemotong, pisau penipis, tang dan catut bersungut bundar, nan membutuhkan kretivitas tinggi, ide, perasaan pemikiran dan kerajinan tangan.
Anyaman merupakan seni tradisi nan sudah ribuan tahun ada di bumi ini. Perkembangan sejarahnya di Nusantara sama dengan perkembangan seni tembikar. Jenisnya pada masa Neolitik atau masa bercocok tanam kebanyakan menghasilkan tali berbahan berupa akar dan rotan.Kerajinan anyaman bambu ialah seni merajut nan biasanya menggunakan bahan dari bambu, rotan, daun-daunan nan memiliki serat nan bisa ditipiskan seperti enceng gondok, daun lontar, daun pandan, dan lain-lain, serta plastik. Kerajinan anayman bambu banyak digunakan sebagai alat keperluan rumah tangga sehari-hari.
Biasanya seni kerajinan anyaman bambu ini diolah dengan alat nan masih sederhana seperti pisau pemotong, pisau penipis, tang dan catut bersungut bundar, nan membutuhkan kretivitas tinggi, ide, perasaan pemikiran dan kerajinan tangan.
Anyaman merupakan seni tradisi nan sudah ribuan tahun ada di bumi ini. Perkembangan sejarahnya di Nusantara sama dengan perkembangan seni tembikar. Jenisnya pada masa Neolitik atau masa bercocok tanam kebanyakan menghasilkan tali berbahan berupa akar dan rotan.Kerajinan anyaman bambu ialah seni merajut nan biasanya menggunakan bahan dari bambu, rotan, daun-daunan nan memiliki serat nan bisa ditipiskan seperti enceng gondok, daun lontar, daun pandan, dan lain-lain, serta plastik. Kerajinan anayman bambu banyak digunakan sebagai alat keperluan rumah tangga sehari-hari.
Biasanya seni kerajinan anyaman bambu ini diolah dengan alat nan masih sederhana seperti pisau pemotong, pisau penipis, tang dan catut bersungut bundar, nan membutuhkan kretivitas tinggi, ide, perasaan pemikiran dan kerajinan tangan.
Anyaman merupakan seni tradisi nan sudah ribuan tahun ada di bumi ini. Perkembangan sejarahnya di Nusantara sama dengan perkembangan seni tembikar. Jenisnya pada masa Neolitik atau masa bercocok tanam kebanyakan menghasilkan tali berbahan berupa akar dan rotan.Kerajinan anyaman bambu ialah seni merajut nan biasanya menggunakan bahan dari bambu, rotan, daun-daunan nan memiliki serat nan bisa ditipiskan seperti enceng gondok, daun lontar, daun pandan, dan lain-lain, serta plastik. Kerajinan anayman bambu banyak digunakan sebagai alat keperluan rumah tangga sehari-hari.
Biasanya seni kerajinan anyaman bambu ini diolah dengan alat nan masih sederhana seperti pisau pemotong, pisau penipis, tang dan catut bersungut bundar, nan membutuhkan kretivitas tinggi, ide, perasaan pemikiran dan kerajinan tangan.
Anyaman merupakan seni tradisi nan sudah ribuan tahun ada di bumi ini. Perkembangan sejarahnya di Nusantara sama dengan perkembangan seni tembikar. Jenisnya pada masa Neolitik atau masa bercocok tanam kebanyakan menghasilkan tali berbahan berupa akar dan rotan.Kerajinan anyaman bambu ialah seni merajut nan biasanya menggunakan bahan dari bambu, rotan, daun-daunan nan memiliki serat nan bisa ditipiskan seperti enceng gondok, daun lontar, daun pandan, dan lain-lain, serta plastik. Kerajinan anayman bambu banyak digunakan sebagai alat keperluan rumah tangga sehari-hari.
Biasanya seni kerajinan anyaman bambu ini diolah dengan alat nan masih sederhana seperti pisau pemotong, pisau penipis, tang dan catut bersungut bundar, nan membutuhkan kretivitas tinggi, ide, perasaan pemikiran dan kerajinan tangan.
Anyaman merupakan seni tradisi nan sudah ribuan tahun ada di bumi ini. Perkembangan sejarahnya di Nusantara sama dengan perkembangan seni tembikar. Jenisnya pada masa Neolitik atau masa bercocok tanam kebanyakan menghasilkan tali berbahan berupa akar dan rotan.                                                     

 PERAYAAN  
                            

                                                                                           
Kesenian jaran jenggo ini  dikenal masyarakat cakaran dan digunakan untuk perayaan di desa cakaran, di daerah lain juga banyak yang mengetahui apa itu jaran jenggo. Mungkin banyak didaerah lain yang memiliki kesenian serupa hanya saja mungkin perbedaannya dari cara apresiasinya saja. Jaran jenggo cara apresiasinya yaitu dengan diiringi music jawa dan sholawat, maka Kuda yang sudah dilatih itu akan bergoyang sesuai irama, dan ada anak laki – laki yang naik di Kuda tersebut. Kudanya dan juga anak laki – laki tersebut juga diberi pakaian mewah layaknya seorang raja yang menunggangi kudanya, serta ada yang mengayomi dengan payung.  Musik yang mengiringi tersebut adalah dari orang – orang yang memainkan alat music seperti rebana, gendang, bonang dan gong. Dengan demikian, jaran jenggo tersebut diarak mengelilingi desa dan biasanya disetiap perempatan kuda tersebut atraksi dan bergoyang seirama dengan suara music.
Kesenian ini dianggap sudah sangat langka. Keunikannya sudah sangat jelas, kuda yang sudah terlatih untuk bergoyang sudah pasti menjadi ciri khas yang unik pada kesenian ini karena sangat berbeda dengan kuda – kuda pada umumnya. Tidak hanya itu, apresiasi yang diberikan yang berhubungan dengan supranatural juga sangat unik dan menarik, di samping itu kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi antar seniman yang ada pada cakaran, dan kegiatan jaran jenggo inisangat positif dan harus diadakan, serta dikembangkan karena keunikan dan ciri khasnya yang berbeda dengan lainnya , tetapi sekarang perayaan jaran jenggo ini jarang untuk diadakan , karena di sebabkan masyarakatnya tidak antusias seperti dahulu .

  

KEGIATAN MASYARAKAT DALAM MELESTARIKAN BUDAYA DAN WISATA
















di daerah cakaran ini setiap tahunnya mengadakan lombah green daun pada setiap rumah rumah di desa ini di hias dengan tanaman tanaman , bunga yang segar dan subur subur , dan warga cakaran ini selalu mengutamakan kebersihan lingkunganya dari sampah dan warga cakaran membuat pagar yang di hias sendiri-sendiri dengan sesukanya , pada pot potnya dihias dengan memberi cat warna hijau dan kuning pada potnya yang di selang seling , di daerah cakaran ini warganya sangat antusias dan kompak untuk membantu dan bergotong royong untuk melestarikan , walau dulunya desa cakaran ini masih kotor dan tidak layak untuk di tempat tinggali karena disebabkan dulu kepala desanya belum mapan dan belum sukses seperti sekarang , dan sekarang desa cakaran mulai berubah tidak seperti dulu , kebersihan dan kelestarian desanya sudah terkenal di luar desa cakaran , serta kepala desa cakaran sekarang beda seperti dulu , sekarang desa cakaran sudah semakin maju dan lebih baik dari sebelum sebelumnya , karena kepala desanya tidak mengepentingkan dirinya sendiri ,tetapi lebih mengutamakan kepentingan masyarakat atau warga cakaran , sebab kepentingan warga lebih penting dari lainnya, tetapi antusias warga dan masyarakatnya lebih giat dan bisa di ajak untuk kerja sama dalam menjaga lingkungan cakaran agar terlihat cantik dan indah saat dilihat orang orang , meski begitu warga cakaran juga setiap harinya membersihkan halaman depan rumahnya dan menyirami tanamannya dengan air setiap harinya , agar tanamannya tidak layu dan rusak , dan sampai sekarang lingkungan warga cakaran tetap indah dan sangat elok untuk dilihat , dan nyaman ,serta tetap menjaga kekompakan sampai sekarang ini , seperti gambar diatas                                                                           

4 komentar:

  1. Kisah lan crito desa sidomokti utowo pecakaran og di karang sak karepe dewe .
    Iku oleh sumber crito songko ngendi og ngono kui critane .

    BalasHapus
  2. Sebelom ada tegal agong itu sudah ada desa pecakaran , dan perdukuhan tegal agong itu dikarenakan merebaknya warga, dari keturunan anak cucu yg berasal dari desa pecakaran makanya di namakan perdukuhan , dan berbaur jodoh dgn dukoh lainnya , seperti dari dukuh gembyang , dukoh ganting dll .

    Crita og isinya di hina di cacimaki , orang cakaran kejam kejam suka bikin keributan , ada wali mintak minom nggak di kasih , ini dapat sumber cerita dari mana......? Ini dongeng/ mitos , atau cerita yg dapat di percaya....?? Bila mau bikin cerita.... itu yg benar... jgn di karang begitu saja , crito og awutan .

    BalasHapus
  3. ceritanya menyimpang jauh,ada yang benar tetapi hanya sedikit.

    BalasHapus